Selasa, 02 Mei 2017

Manfaat Puasa untuk menjaga tubuh lebih sehat

Manfaat puasa untuk tubuh - Kesehatan tubuh adalah salah satu hal terpenting agar kita menjaga pola hidup yang lebih sehat. Salah satu pola hidup sehat dengan mengurangi asupan kalori dalam tubuh agar mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan Secara penelitian mengurangi asupan kalori dapat memperpanjang usia.

Walaupun puasa dapat menjaga kesehatan tubuh tetapi tidak mungkin tubuh kita terus menerus kelaparan tanpa makan. Meski begitu puasa yang dianjurkan adalah dengan membuat pola makan yang baik. Ada kebiasaan dari orang-orang pada jaman dahulu berkaitan dengan pola makan ,sederhananya mereka makan pada pagi hari antara jam 7 dan 8 Pagi lalu berhenti makan dan makan lagi jam 3 sore setelah itu hanya minum air sampai besok paginya. Jika diperhatikan kebiasaan makan orang jaman dahulu mereka bahkan tidak selama 12 jam kecuali minum air dan 12 jam tersebut tidak diisi dengan asupan kalori kedalam tubuh.

Manfaat puasa untuk tubuh

Manfaat Puasa untuk Kesehatan

Dan seperti orang jaman dahulu tubuh kita memang mampu untuk bertahan tanpa makan selama beberapa jam dan justru membuat tubuh lebih sehat dan memperpanjang usia. Berikut adalah manfaat puasa untuk tubuh lebih sehat yang akan kita dapatkan dengan menerapkannya dalam gaya hidup sehat kita.

Tubuh lebih Bugar dan Segar

Puasa juga selain mengurangi kalori kedalam tubuh juga dapat mengurangi lemak pada tubuh. Dan jika saat berpuasa tubuh memiliki jeda untuk tidak makan maka tubuh mulai melakukan proses pembakaran lemak dalam tubuh apalagi jika diikuti dengan berolahraga ringan saat puasa dapat meningkatkan pembakaran lemak lebih banyak.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa pembakaran lemak yang tinggi dapat membuat tubuh lebih nyaman, sehat dan lebih kuat saat seseorang sudah terbiasa dengan berpuasa. Sebagian orang yang baru mulai berpuasa akan mengkonsumsi makanan dengan tingkat kalori yang tinggi jika mereka tidak saat berpuasa, tetapi lebih baik untuk menguranginya karena tubuh dapat dibiasakan untuk pola hidup dan makan yang lebih sehat agar mendapatkan tubuh lebih bugar dan segar.

Mencegah Penyakit Kanker

Penelitian di California tepatnya di universitas of california berkaitan tentang mengenai tubuh manusia mendapatkan hasil bahwa puasa yang mengurangi asupan kalori dalam tubuh dapat mencegah penyakit kanker ditubuh manusia. Ini dapat terjadi karena disebabkan oleh sel-sel dalam tubuh pada saat berpuasa dalam kondisi protektif dan menjaga tubuh terhadap serangan penyakit.

Oleh sebab itu kondisi tubuh yang protektif dapat membuat sel kanker tidak bisa berkembang karena tidak adanya sel kanker akan mati akibat tidak adanya makanan kanker berupa asupan kalori melalui aliran darah pada saat tubuh sedang berpuasa.

Menjaga Saraf dan Umur lebih Panjang

Ternyata berpuasa selain dapat melatih otak seperti halnya otot terlatih pada saat kita berolah raga, hal seperti ini dapat terjadi karena pada saat asupan energi berkurang maka akan terjadi aktivitas lain yang terjadi yaitu adanya sel-sel yang melindungi otak dari kerusakaan saraf seperti penuaan dan dampak stroke.

Ada juga bukti bahwa berpuasa dapat membantu mencegah dari penyakit degeneratif karena tubuh menhasilkan zat ketones yang didapat dari lemak dapat melindungi tubuh dari penyakit degeneratif seperti epilepsi dan alzheimer.

Membiasakan Tubuh Berpuasa

Sebagian orang akan mengatakan berat melakukan puasa karena akan selalu terfikir untuk makan namun metode berpuasa dapat dibiasakan ke tubuh kita misal seperti melatihnya dengan pola 1 - 2 hari berpuasa dalam seminggu dan kabar baiknya diindonesia adalah hal yang baik jika seseorang melakukan puasa dan menghormati orang yang sedang berpuasa. Mengenai waktunya dapat juga disesuaikan dengan waktu yang kita tentukan.

Dengan begitu tubuh dapat mendapatkan kesehatan dengan menjalankan puasa dan meningkatkan kualitas kesegaran tubuh. Oleh sebab itu mulai lah melakukan gaya hidup sehat salah satunya dengan melakukan puasa dan mengurangi konsumsi makanan yang mempunyai kalori dan gula yang tinggi.